Kamis, 24 April 2014

Macam-macam Sistem Operasi

 Macam-macam Sistem Operasi


Hai sobat..! Apa kabar? Sudahkah anda membaca artikel yang Na post sebelumnya? Yang mana? Yang ini Belajar Bahasa Inggris: Tenses,16 Tenses beserta Rumus dan Contoh (Part 1) >> 16 Tenses beserta Rumus dan Contoh (Part 2) dan Kata-kata Cinta dalam Bahasa Inggris. Jika sudah, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi kita. Jika belum, silahkan dibaca. Di kesempatan ini, kita beralih dari pengetahuan Bahasa Inggris ke pengetahuan komputer yang merupakan jurusan Na di sekolah. Langsung ke intinya, berikut Macam-macam Sistem Operasi.
1. Sistem Operasi MS-DOS

DOS adalah singkatan dari Disk Operating System. DOS merujuk pada perangkat sistem operasi yang digunakan di banyak komputer yang menyediakan abstraksi dan pengelolaan perangkat penyimpan sekunder dan informasinya. Misalnya penggunaan sistem file yang mengelola file-file yang ada pada perangkat penyimpan. DOS biasanya dijalankan dari satu atau dua disc. Hal ini karena pada masa DOS digunakan media penyimpan masih sangat terbatas kemampuannya (paling besar mungkin hanya 1,4 Megabyte). Ada banyak jenis DOS diantaranya Apple DOS, Commodore DOS, Atari DOS dan lain-lain. Jenis ini sangat bergantung dengan jenis perangkat komputernya. Jenis DOS yang paling terkenal adalah jenis DOS yang berjalan pada mesin-mesin yang compatible dengan IBM Personal Computer. Untuk menjalankan perintah-perintah sistem operasi, DOS menggunakan perintah berbasis teks atau CLI. Setiap kali selesai mengetikkan suatu perintah, kita harus menekan tombol ENTER untuk mengeksekusi perintah tersebut.  


2. Sistem Operasi Microsoft Windows
 
Dapat dikatakan bahwa sistem operasi Microsoft Windows mendominasi dunia komputer. Penggunaan ikon atau gambar sebagai antarmuka (interface) membuat sistem operasi ini begitu mudah digunakan. Sistem operasi ini bersifat multitasking dan multiuser. Tidak heran, sistem operasi Microsoft Windows sangat digemari. Bahkan, hingga saat ini telah lahir berbagai versi sistem operasi Microsoft Windows.

3. Sistem Operasi Mac OS
 
Mac OS kependekan dari Macintosh Operating System. Sistem operasi berbasis GUI ini dirilis oleh perusahaan Apple Computer pada tahun 1984. Saat itu, teknologi Mac OS dianggap paling maju. Sayang, kehebatan ini tidak dapat dipertahankan. Tahun-tahun berikutnya Mac OS kalah bersaing dengan Microsoft Windows. Hingga saat ini Mac OS masih disempurnakan agar dapat bersaing dengan Microsoft Windows.

4. Sistem Operasi UNIX
 
Sistem operasi UNIX dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories. UNIX digunakan untuk menjalankan jaringan komputer. Awalnya UNIX merupakan sistem operasi jenis Command line interface. Keadaan ini menyulitkan bagi pengguna (user) baru. Untuk memudahkan penggunaan, sekarang UNIX juga disediakan dalam versi Graphical User Interface.

5. Sistem Operasi LINUX
 
LINUX merupakan pengembangan dari UNIX. Sistem operasi ini awalnya dibuat oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa di Finlandia. LINUX yang dibuat pada tahun 1991 kemudian dikembangkan oleh programmer-programmer di dunia.

Itulah Macam-macam Sistem Operasi yang dapat Na bagikan, sumberna dari http://megawatiagha.blogspot.com , Sebelumnya, Na juga pernah share artikel tentang komputer lainnya, silahkan dibaca: 


Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar